Selasa, 05 November 2013

Tentang Rencana Keuangan

Siapapun Anda, baik dari berbagai latar belakang umur maupun profesi, pasti terlibat dengan dunia keuangan. Sejelek-jeleknya ortu Anda akan terlibat dengan uang untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, bukan begitu? Tetapi harus kita akui bahwa rata-rata kita masih memiliki pengetahuan yang minim tentang pengaturan/perencanaan keuangan, ya kan? Untungnya, buku bisa menjadi investasi untuk mengatasi hal ini! Berikut ini adalah beberapa judul buku yang saya rekomendasikan!

Make It Happen (Prita Hapsari Ghozie)
Buku ini termasuk buku cetakan baru. Dan yang menjadi kekuatan tambahan-nya adalah ini adalah buku kedua dari sang penulis, artinya sang penulis sudah mempunyai cukup pengalaman dalam menulis buku yang baik. Buku ini cukup menyenangkan! Lho kok? Iya! Karena di dalamnya kita disajikan layout halaman yang penuh warna (meskipun dicetak pada kertas biasa, bukan glossy). Selain itu, di dalamnya kita juga dilibatkan untuk melakukan perhitungan-perhitungan finansial sederhana. Memang buku ini berbicara tentang angka-angka yang fantastis! Sehingga bagi sebagian orang, pesan buku ini dirasa kurang feasible (sulit terjangkau alias mustahil). Buku ini memuat tips perencanaan dana pensiun, dana belanja, dana sekolah, dana KPR, dan beberapa tips lainnya. Recommended! Catatan: Ada baiknya, khususnya bagi para wanita, untuk membaca terlebih dahulu buku pertamanya: Menjadi Cantik, Gaya dan tetap Kaya.

Untuk Indonesia Kuat (Ligwina Hananto)
Buku ini adalah salah satu buku yang cukup lama terdaftar di dalam wish list saya. Dan akhirnya buku ini terbeli juga. Namun sayangnya, setelah membeli buku ini, saya kurang mendapatkan value di dalamnya. Lho? Sebenarnya buku ini memuat pesan yang original, yakni tentang memajukan kaum menengah di Indonesia. Namun dari segi kelengkapan, kedalaman dan layout, menurut saya buku ini masih kalah dibandingkan buku yang saya bahas sebelumnya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar