Sabtu, 21 April 2012

Budaya Menulis di Indonesia

Ini menjadi suatu topik yang cukup menarik buat saya. Waktu saya kuliah, dosen saya pernah bilang bahwa salah satu kelemahan pelajar (khususnya mahasiswa) di Indonesia (waktu itu) adalah dalam hal menulis. Akan tetapi saya juga pernah mendengar dalam hal bahasa inggris, SDM Indonesia (dan Asia pada umumnya) justru lebih unggul dalam hal tulisan. Jadi mana yang benar?

Terlepas dari penilaian di atas, saya pikir sudah saatnya para guru untuk memberi pelajaran menulis blog, dan juga memberikan contoh. Sepengetahuan saya sudah banyak guru yang menulis blog, bahkan berbentuk jaringan/portal. Hanya saja, saya pikir blog2 tersebut kurang disosialisasikan.

Lalu topik/bahasan apa yang harus dipilih untuk memulai sebuah blog? Inilah tantangannya! Seperti blog pada umumnya, blog pelajar dapat berisi topik seputar hobi, misalnya sepak bola, teknologi komputer dan gadget, dll. Media blog juga dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan melakukan riset. Contoh yang sederhana misalnya membuat daftar fauna lokal beserta sedikit pembahasannya (nama latin, habitat, dll.) Dari sini harapannya para pelajar menjadi semakin tertantang untuk mengembangkan ide2-nya, dan dapat mengisi waktu luangnya untuk hal2 yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar