Senin, 03 September 2012

Data Spesies Amfibi Indonesia

Ada pepatah: "Tak kenal maka tak sayang". Pepatah ini mungkin ada benarnya. Kita semua tahu bahwa alam Indonesia ini kaya, bahkan sangat kaya. Tetapi baru sedikit dari kita yg punya perhatian untuk melestarikan kekayaan kita ini. Terdorong dari alasan tersebut, berikut ini saya tampilkan hasil riset sederhana saya untuk lebih mengenal Kekayaan Spesies Amfibi Indonesia.

Riset IUCN dan GAA menyebutkan:
Indonesia is an amphibian hotspot, having 392 of the world’s amphibian species inhabiting its vast area. Indonesia has the largest amphibian populations in Asia. Indonesia also has the second highest number of endemic species in Asia, with 175 amphibian species endemic to its rainforest habitats.

According to the Global Amphibian Assessment (GAA) about 10% of the amphibians in Indonesia are at risk of extinction, 3 species are listed as Critically Endangered while another 10 species were evaluated as Endangered and 26 as Vulnerable. However, it should be noted that nearly 35% of the amphibians of Indonesia are placed in the data deficient category and therefore a true assessment can only be made once information becomes available on these species.
Yang kurang lebih artinya:
Indonesia merupakan titik penting (bagi kehidupan) hewan amfibi, di mana terdapat 392 spesies amfibi dunia yang tersebar di wilayahnya yang luas. Indonesia memiliki populasi hewan amfibi terbesar di Asia. Indonesia juga merupakan negara terbesar kedua yang memiliki spesies endemik di Asia, dengan 175 spesies hewan amfibi endemik di habitat hutan-hujan-nya.
Berdasarkan data GAA sekitar 10% dari hewan amfibi di Indonesia dalam risiko kepunahan, 3 spesies berada dalam daftar Kritis, sedangkan 10 spesies dinilai sebagai Membahayakan, dan 26 sebagai Terancam. Namun, perlu dicatat bahwa 35% dari hewan amfibi Indonesia berada dalam kategori Tanpa Data sehingga pemeriksaan nyata baru dapat dilakukan setelah informasi ini telah didapatkan.
Dari informasi tersebut saya tertarik untuk mencari data2 spesies tersebut. Akhirnya saya menemukan datanya di http://amphibiaweb.org. Walaupun belum lengkap (333/392), semoga data ini bisa memberikan gambaran akan kekayaan alam Indonesia, sehingga kita terdorong untuk turut ambil bagian dalam pelestarian satwa endemik Indonesia.

Data selengkapnya, ada di halaman Data Spesies Amfibi Indonesia 1 & DSAI 2.

Sebagai penutup,  berikut sedikit taksonomi dari Hewan Amfibi:
Untuk sampai ke Genus, masih cukup panjang jadi bisa dilihat sendiri. Hehehe... Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar