Jumat, 02 November 2012

Alasan Ngeblog

Hmmm. Akhir2 ini entah mengapa saya menjadi malas untuk menulis tentang pendidikan. Perasaan saya mengatakan saya kurang kompeten untuk menulis bahasan pendidikan. Terlebih setelah membaca beberapa tulisan guru2 ngeblog.

Namun hari ini saya memberanikan diri untuk mencoba ber-positive thinking dan positive feeling. Pertama2 saya ingin menjelaskan mengapa saya suka mem-posting jadwal acara TVRI dan esensi film di blog Studinesia ini. Alasan saya tidak lain adalah memberikan alternatif bagi yang kurang suka membaca, bahwa dari tayangan televisi atau film banyak juga pelajaran yang bisa kita ambil.

Walaupun demikian, pada kesempatan ini saya kembali ingin mengajak masyarakat semuanya, khususnya adik2 pelajar (SMP, SMA, kuliah/mahasiswa) untuk terus membudayakan kebiasaan membaca. Buku pertama yang saya sarankan adalah serial Quantum yang ditulis oleh Bobbi DePorter. Tulisannya berisi tentang bagaimana cara belajar yang lebih efektif dan lebih menyenangkan. Untuk mengetahui judul buku pertama yang sesuai bisa dicari di Google atau saya sarankan untuk membuka/mencari di goodreads.com. Bila tidak sempat, saya sarankan judul Quantum Learner, yang menjelaskan bahwa tiap orang memiliki gaya belajar yang mungkin berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk pemula, serial Quantum ini saya anggap cocok karena penyampaiannya ringkas (tidak tebal) dan dapat langsung dipraktikkan.

Untuk penulis buku nasional, saya menyarankan buku dari Prof. Rhenald Kasali. Untuk yang ini, tanggapan saya adalah "harga menggambarkan kualitas". Bukunya tergolong tebal2 dan harganya relatif mahal (di atas 60 ribu rupiah), namun isi dan desain di dalamnya cukup menarik dan mudah dipahami. Ada beberapa judul yang sudah beliau terbitkan, dan mengingat harga yang cukup lumayan, sebaiknya Anda cari2 dulu resensi judul buku mana yang sesuai dengan Anda. Apakah tentang wirausaha, tentang cara belajar dengan memperbanyak praktik (buku Myelin), atau tentang mengubah perilaku (ReCode), atau yang lainnya.

Ada juga alternatif untuk yang lebih suka membaca tulisan2 pendek dibanding buku2 tebal yaitu blog. Pak Rhenald, Pak Dahlan Iskan, Pak Basuki "Ahok" dan beberapa tokoh lainnya memiliki blog pribadi yang pastinya berisi tulisan2 yang mungkin bisa memberi Anda pengetahuan atau inspirasi.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar