Rabu, 17 Oktober 2012

Seputar Kupu-Kupu

[Image]
Foto dok. pribadi
Berawal dari pertemuan saya dengan sesosok hewan unik berwarna indah di rumah saya, saya jadi tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang kupu-kupu, tentunya dengan menggunakan media internet. Ternyata banyak hal2 menarik dari hewan yg bermetamorfosis ini.

Akhirnya saya berniat untuk membagikan sedikit yg saya temukan di tulisan ini. Yang pertama saya sarankan adalah buka tulisan Sedikit tentang kupu2 oleh yoxx. Di sana yoxx menyampaikan cukup banyak fakta seputar kupu-kupu, dan yg paling penting adalah ia juga menyebutkan tempat2 di mana kita bisa menemukan mereka.

Gambar di bagian atas tulisan adalah spesies kupu2 yg saya temukan belum lama ini. Yang cukup menarik adalah warna biru-nya yg indah. Saat menemukannya saya berniat untuk mengawetkannya, tapi saya kurang paham caranya. Saya pernah melihat di televisi bahwa cara mengawetkan spesimen kupu2 adalah dengan bahan kimia formalin, yg jelas saya tidak punya stok di rumah. Saya juga pernah tahu bahan alami untuk mengawetkan yaitu dengan larutan bawang putih atau kunyit (saya agak lupa), tetapi pun saya tidak berhasil (mungkin karena tidak saya suntikkan ke dalam tubuh si kupu2). Saya pun belum mencoba mencari cara pengawetan yg mudah di internet. Sehingga singkat cerita, belum begitu lama setelah saya mengambil gambar kupu2 tersebut, kupu2 ini ternyata sudah tergeletak dan dikerubuti sekumpulan semut. Saya tadinya ragu untuk menyimpan kupu2 ini karena ia masih lincah bergerak (tepatnya terbang) yang mana saya ketahui bahwa kupu2 akan lemas setelah bertelur. Saya juga tahu umumnya kupu2 berwarna cerah itu berjenis kelamin jantan. Setidaknya saya sudah berhasil mengabadikan keindahannya (walau menggunakan kamera resolusi rendah).

Singkat cerita saya coba untuk melakukan identifikasi spesies, atau setidaknya golongan apa. Dan ternyata ini tidak mudah, sampai akhirnya saya menemukan situs dengan gambar berikut ini:
[Image]
Sumber: http://www.gardenswithwings.com/identify-butterflies.html
Saya baru tahu ternyata ada beberapa kategori bentuk kupu2. Sayangnya, jumlah spesies kupu2 itu ada ratusan, sehingga masih cukup sulit untuk menemukan spesies yg saya maksud. Ternyata masih sedikit sumber berbahasa Indonesia untuk belajar tentang kupu-kupu.

Di bagian akhir, saya ingin membagikan beberapa nama spesies kupu2 yg resmi berstatus dilindungi berdasarkan Keputusan Presiden Habibie melalui Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1999 bagian Lampiran (bisa di-Google).
  1. Cethosia myrina (Kupu bidadari)
  2. Ornithoptera chimaera (Kupu sayap burung peri)
  3. Ornithoptera goliath (Kupu sayap burung goliat)
  4. Ornithoptera paradisea (Kupu sayap burung surga)
  5. Ornithoptera priamus (Kupu sayap priamus)
  6. Ornithoptera rotschldi (Kupu burung rotsil)
  7. Ornithoptera tithonus (Kupu burung titon)
  8. Trogonotera brookiana (Kupu trogon)
  9. Troides amphrysus (Kupu raja)
  10. Troides andromanche (Kupu raja)
  11. Troides criton (Kupu raja)
  12. Troides haliphron (Kupu raja)
  13. Troides helena (Kupu raja)
  14. Troides hypolitus (Kupu raja)
  15. Troides meoris (Kupu raja)
  16. Troides miranda (Kupu raja)
  17. Troides plato (Kupu raja)
  18. Troides rhadamantus (Kupu raja)
  19. Troides riedeli (Kupu raja)
  20. Troides vandepolli (Kupu raja)

1 komentar: