Senin, 16 Juli 2012

Blog Anggota DPR 2012

Saya merasa terkadang bahasan yang terdapat di media massa online tidak cukup banyak membahas seputar topik perkembangan Perundang-undangan di Republik kita ini, kecuali sedikit UU yang kontroversial. Oleh karena alasan tersebut, saya merasa perlu untuk membahas beberapa Situs Blog Anggota DPR di tahun 2012 ini. Semoga ini juga bisa dijadikan referensi untuk Pemilu 2014. Dan tulisan ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi pada wakil rakyat atau politisi Indonesia untuk mau terus berhubungan dengan rakyat melalui tulisan2 di blog yg berkualitas. Untuk politisi lainnya, termasuk politisi daerah, ayo terus menulis! Jangan hanya di waktu kampanye saja dong. Terus kritisi kebijakan daerah Anda dan buktikan bahwa Anda memang tertarik dengan dunia politik, bukan sekadar mengekor.

Bambang Tjahaja Poernama (Ahok)
Komisi II (Dalam Negeri, Pertanahan), dari Partai Golkar, dapil Bangka Belitung
Blog ini saya letakkan paling atas karena saya cukup simpatik dengan sepak terjang politisi yang satu ini. Saya sudah tahu nama beliau sebelum ia mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada 2012 ini, tetapi sesudah beliau tidak lagi menjabat sebagai bupati. Isi dari blog-nya sangat lengkap, bahkan kegiatan masa resesnya pun ditulis oleh tim-nya di sana.

Rieke Diah Pitaloka
Komisi X (Dikbud, Pariwisata, Olahraga), dari PDI-P, dapil Jawa Barat II
Politisi artis yang dulu dikenal sebagai pemeran Oneng dalam serial Bajaj Bajuri ini ternyata punya blog yang cukup keren dan lengkap. Sekitar setahun lalu saya hanya menemukan blog-nya yang pakai sistem gratisan dan isinya kurang up-to-date. Namun sekarang image profesional sudah cukup nampak dari blog beliau.

Priyo Budi Santoso
Wakil Ketua DPR, dari Partai Golkar,  dapil Jawa Timur I
Situs beliau menurut saya cukup baik dan pas dengan kedudukannya yg cukup tinggi. Informasinya juga cukup lengkap dan up-to-date.

Aburizal Bakrie (Ical)
Ketua Umum Partai Golkar
Siapa yang tidak kenal nama politisi sekaligus pengusaha papan atas ini. Sebagai seorang elit partai, saya cukup mengapresiasi kesadaran beliau terhadap pentingnya media, termasuk blog. Sayangnya isi dari blog beliau ini lebih banyak berisi renungan2, yah bisa dibilang semacam personal blog gitu lah.

Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)
Komisi I (Pertahanan, Luar Negeri, Infokom), dari Partai Demokrat, dapil Jatim VII (Pacitan, dan sekitarnya)
Blog dengan nama tokoh terkenal ini baru saya temukan belakangan. Saya terinspirasi untuk mencari blog beliau setelah saya menonton kunjungan kerja beliau ke Dapil beliau, yakni Pacitan. Komentar saya tentang blog beliau: cukup bagus, lengkap dan informatif. Khususnya karena beliau adlah salah satu anggota Badan Anggaran (Banggar), jadi ada berita2 internal yg bisa kita simak, yg mana jarang terendus media massa. Walaupun nama beliau cukup dikenal, namun namanya (atau lebih tepatnya prestasinya) terkait jabatan di DPR cenderung "nyaris tak terdengar". Media televisi pun sangat jarang (bahkan memang tidak pernah) menampilkan beliau sebagai narsum untuk meng-klarifikasi isu2 terkait kinerja Kementerian rekanan Komisi I.

Budiman Sudjatmiko
Komisi II (pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, dan agraria), dari PDI-P, dapil Jawa Tengah VIII (Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap)
Politisi PDI-P ini memiliki situs yang sayangnya sudah tidak aktif sejak akhir 2011. Padahal politisi yang merupakan bagian dari "partai oposisi" ini cukup vokal dalam mengkritisi kebijakan pemerintah khususnya melalui media elektronik.

Agun Gunanjar Sudarsa
Komisi II (pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, dan agraria), dari Partai Golkar, dapil Jawa Barat X
Serupa dengan rekan sebelumnya, situs politisi ini juga sudah tidak di-update sejak akhir 2011. Politisi ini sebelumnya menjabat sebagai anggota Komisi V.

Nova Riyanti Yusuf (Noriyu)
Komisi IX (Kesehatan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, KB), dari Partai Demokrat, dapil Jakarta II
Dokter ahli jiwa nan cantik ini dapat disebut sebagai wanita multi talenta. Selain sebagai Ahli Kejiwaan, beliau juga seorang penulis sekaligus anggota DPR RI. Berdasarkan informasi di Halaman Wikipedia, beliau memiliki beberapa alamat blog pribadi, namun blog ini yg paling representatif menurut saya. Namun karena beliau memiliki beragam profesi, feel (suasana) dari situs beliau cukup berbeda dibanding situs politisi lainnya. Situs beliau tidak dibanjiri update2 berita seperti kebanyakan situs politisi lainnya. Hal ini menyebabkan sulit untuk mencari berita2 ter-update di situs beliau, karena sepertinya beliau lebih mem-fokuskan situs untuk diisi pemikiran2 beliau saja.

Harry Azhar Azis
Komisi XI (Keuangan, Statistik), dari Partai Golkar, dapil Kep. Riau
Situs beliau berisi berita2 yg sayangnya dicuplik dari sumber media massa online, namun lumayan up-to-date.

Reni Marlinawati
Komisi X (Dikbud, Pariwisata, Olahraga), dari PPP, dapil Sukabumi
Nama ini saya akui mungkin kurang dikenal oleh masyarakat. Tetapi ketika mencari kata kunci "blog resmi anggota dpr" di Google, nama ini yang tampil di bagian atas. Komisi yang dimasukinya juga saya anggap penting karena membahas tentang kebijakan pendidikan. Setidaknya blog dari politisi ini bisa menjadi pembanding anggota Komisi X yang lebih populer, Rieke Diah Pitaloka.

Ahmad Yani
Komisi III (Hukum dan HAM), dari PPP, dapil Palembang
Politisi yang terkenal dengan pernyataan2-nya yang tegas ini ternyata juga memiliki situs blog. Cukup lengkap membahas perkembangan kebijakan terkait berbagai lembaga hukum di tanah air, bahkan terkategorisasi dengan rapi.

Anas Urbaningrum
Ketua umum Partai Demokrat, dapil Jatim VII (Blitar, Kediri, dan sekitarnya)
Nama yang populer ini saya letakkan di deretan agak bawah karena cuma halaman depan situs-nya aja yang bisa dilihat, isisnya: 404 Not Found semua... Terus saya baru tahu, beliau mundur dari DPR sesudah diangkat sebagai Ketua Umum PD. Memang harus ya?

Gede Pasek Suardika
Ketua Komisi III (Hukum dan HAM), dari partai Demokrat, dapil Bali
Situs beliau cukup up-to-date. Berisi berita2 yang kebanyakan melibatkan komentar2-nya di media massa. Pemirsa TV yg menyukai acara berita pasti cukup sering mendengar nama beliau, karena memang beliau sering diundang menjadi narasumber berita.

Nurhayati Ali Assegaf
Ketua Fraksi Partai Demokrat, Komisi I (Pertahanan, Luar Negeri, Infokom), dari PD, dapil Jawa Timur V (Batu, Malang)
Sepintas, situs beliau cukup up-to-date. Namun sayangnya, secara tampilan masih kurang oke.

Eva Kusuma Sundari
Komisi III (Hukum dan HAM), dari PDI-P, dapil Tulungagung (Jawa Timur)
Anggota DPR perempuan yg cukup aktif ini memiliki situs yg memfokuskan berita2 terkait Hukum dan HAM. Sayangnya dari segi tampilan kurang terperhatikan (tampilan home saja diisi lebih dari 10 posting), dan juga terdapat beberapa dead links.

Aria Bima (lama: Aria Bima)
Komisi VI (Perindustrian dan Perdagangan), dari PDI-P, dapil Solo (Jawa Tengah)
Komentar saya tentang blog beliau ini, tadinya, kurang up-to-date dan menggunakan blog gratisan. Namun di alamat yg baru, komentar saya: keren, padat dan berisi.

Olly Dondo Kambey
Komisi XI (Keuangan, Statistik), dari PDI-P, dapil Manado & Minahasa
Situs beliau ini lumayan padat. Namun dari kesemuanya yg paling menarik adalah beliau ini adalah anggota Badan Anggaran (Banggar), walau sayang tidak banyak bahasan terkait topik ini.

Fadli Zon
Dari Partai Gerindra
Politisi muda yang namanya juga sering muncul di media ini memiliki situs blog yang cukup up-to-date. Sayangnya belakangan saya cari2 kok sepertinya dia bukan anggota DPR ya?


Bambang Soesatyo
Komisi III, dari Partai Golkar, dapil Jawa Tengah VII (Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen)
Situs beliau sudah tak ter-update sejak Desember 2011. Namun beliau beberapa kali menulis opini (ataau lebih tepatnya kritikan) terkait jalannya pemerintahan.


Abdul Kadir Karding
Komisi VIII (Sosial dan Keagamaan), dari PKB, dapil Jawa Tengah VI
Blog beliau terakhir di-update pada 10 Januari 2012. Tidak banyak yang bisa digali. Yang saya heran namanya itu lho, *maaf*. Carding itu kan istilah pencuri id kartu kredit gitu... Sebagai tambahan, ada sumber yg menyebutkan beliau berada di Komisi VI (Perindustrian dan Perdagangan), mungkin sekarang sudah dipindah, saya kurang tahu.

Herman Khaeron (Hero)
Komisi IV (Pertanian, Kehutanan, Kelautan, Logistik),dari Partai Demokrat, dapil Cirebon (Jawa Barat)
Singkat cerita saya mencari situs anggota DPR dari Komisi IV, dan saya temukan situs ini di halaman ke-2 dari hasil pencarian Google. Komentar saya, so-so sih. Yang pasti update terakhir di bulan Juni 2012, jadi ya lumayan lah.

Sadarestuwati
Komisi V (Pekerjaan Umum, Perhubungan, Meteorologi), dari PDI-P, dapil Jawa Timur VIII (Mojokerto dan sekitarnya)
Ceritanya sama dengan Bapak yang di atas. Sayangnya, blog yang sifatnya gratisan ini sudah tidak di-update sejak 2011 yang lalu.

Mukhamad Misbakhun
Komisi VI (Perindustrian dan Perdagangan), dari PKS, dapil Jawa Timur II
Politisi senayan ini sudah mengundurkan diri dari keanggotan DPR RI pada 2011 yg lalu (karena kasus hukum yg cukup terkenal). Namun situs blognya masih ada. walaupun isinya sudah tak ter-update sejak akhir 2010.

Aziz Syamsuddin
Komisi III (Hukum dan HAM), dari Partai Golkar, dapil Lampung II
Saat saya buka alamat tersebut, sepertinya masih dalam tahap pengembangan.

Itu dahulu postingan saya ini. Bagi yang ingin menambah daftar ini, silakan beri saran di bagian komentar. BTW, ada satu hal yang belakangan saya sadari. Dari sekian banyak anggota DPR (560 nama), ternyata hanya segelintir nama yang kita kenal. Apa tidak ada lembaga survei yang tertarik mengenai topik ini? "Berapa persen nama2 anggota DPR yang dikenal oleh masyarakat?" Tapi buat apa juga yah... Toh memori manusia kan memang terbatas, hehehe...

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar