Selasa, 24 Juli 2012

Redefinisi Tengah Tahun

Beberapa minggu terakhir saya sedikit kepikiran dengan tujuan blog saya ini. Sejak awal mula saya buat blog ini, sesuai dengan nama blog yang saya pilih, saya ingin memfokuskan blog ini pada tulisan2 seputar pendidikan di Indonesia. Namun sebenarnya ada tujuan yang lebih "tinggi". Pada dasarnya, secara tidak sengaja, saya menentukan target utama  pembaca blog saya yakni pelajar SMA dan Universitas, dan target sekundernya para guru dan masyarakat internet.

Tujuan utama yang ingin saya capai sebenarnya adalah membentuk suatu jaringan pelajar yang tertarik untuk menjadi Netizens. Arti yang saya pahami yaitu untuk menjadi seorang pelajar yang dapat memanfaatkan TIK khususnya internet untuk memperluas wawasan (termasuk melek politik) dan mengisi Media Internet dengan konten2 lokal yang bermanfaat. Mengapa demikian? Karena jujur saya cukup prihatin dengan sistem pendidikan kita saat ini yang pada prakteknya masih condong menekankan sisi kognitif saja. Oleh karena itu, mungkin dengan tulisan2 inspiratif di blog "kesenjangan" aspek manusiawi pelajar lainnya dapat diimbangi. Selain membagikan tulisan2 yang inspiratif, di blog ini saya akan bagikan link2 ke situs2 yang mungkin bisa bermanfaat.

Di tulisan ini, saya juga menyempatkan untuk berbagi link2 yang mungkin bermanfaat untuk pelajar (termasuk mahasiswa). Mungkin tulisan serupa sudah pernah saya post sebelumnya. Tetapi saya berharap tulisan ini dapat menjadi landing page yang dibaca oleh pelajar Indonesia.

Open Knowledge Education
Situs yang disingkat menjadi OKE ini saya dapatkan di seminar yang diadakan di kampus saya, Universitas Brawijaya, saat saya masih berkuliah, kira2 tahun 2005. Belakangan saya ketahui bahwa "dalang2" di balik terbentuknya situs ini ya kakak2 alumni kampus saya juga.

Situs ini merupakan situs yang memberikan tutorial dan materi pelajaran gratis yang mencakup berbagai disiplin ilmu: Matematika, IPA, IPS, Bahasa, Komputer, dan lain2. Di era home schooling belakangan ini mungkin ini bisa menjadi situs yang wajib dibuka. Jenjang pendidikan yang dibahas pun beragam: SD, SMP, SMA, dan juga Umum. Situs ini akan terus berkembang selama ada yang masih mau berkontribusi mengirimkan materi.

Ilmu Komputer
Saya sempat membaca tentang curhat-an seorang pelajar yang selama satu tahun bersekolah hanya satu kali "mengunjungi" lab komputer di sekolahnya saat pelajaran TIK. Saya berharap situs tutorial komputer gratis seperti ini dapat memberikan solusi dan tambahan ilmu khususnya bagi pelajar yang berniat untuk belajar secara autodidak.

Sesuai dengan namanya, situs ini memberikan berbagai bidang yang terkait dengan Teknologi Informasi. Mulai dari Bahasa Pemrograman, Sistem Operasi, dan lain sebagainya. Serupa dengan situs OKE, situs ini akan terus berkembang selama ada yang masih mau berkontribusi mengirimkan materi.

Blognya Bang Pandji
Terakhir, saya juga menyelipkan link ini. Kenapa? Karena pelajar yang masih berjiwa muda, seringkali merasa "sulit" mencerna bahasa orang2 dewasa. Bang Pandji yang merupakan public figure yang pernah berpengalaman menjadi host, baik di TV maupun di radio, memiliki kemampuan menginspirasi anak muda dengan bahasa yang santai dan nyambung. Selain itu, melalui situsnya ini Bang Pandji juga tidak itung2-an dalam membagi ilmunya, baik dalam bentuk lagu hip-hop-nya maupun dalam bentuk e-book gratis.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar