Sabtu, 19 Mei 2012

Restructuring!

Kali ini saya berencana untuk menggabungkan dua blog saya menjadi satu. Blog yang saya maksud adalah blog Tivinesia yang akan saya gabungkan dengan blog ini. Mengapa demikian? Karena belakangan saya sadari bahwa pengelompokan topik di blog menjadi tidak terlalu bermanfaat, ditambah lagi semakin punya banyak blog, semakin repot dalam urusan promosinya. Nantinya posting yang berhubungan dengan tivinesia, akan saya beri label "televisi". Setelah saya pikir2, saya juga berencana untuk menggabungkan lagi satu/dua blog ke situs ini, salah satunya adalah blogdetik saya. Alasannya kurang lebih masih sama dengan alasan di atas.

Blog Tivinesia yang saya tulis berisi tentang review acara2 televisi yang menurut saya menarik dan mempunyai nilai plus dibanding acara lainnya, pun tidak menutup kemungkinan pada acara yang "biasa2" yang saya pikir perlu di-review. Selain itu, Blog ini juga ingin saya manfaatkan untuk library/history dari acara televisi tersebut, mengingat banyak situs resmi televisi yang tidak mengarsipkan tayangannya di sana.

Blog "Indonesia-ku" yang saya buat di blogdetik sebenarnya blog coba2, yang mana terinspirasi dari berita2 politik dan topik2 kenegaraan yang ada di media massa. Dikarenakan di sana terdapat kategori blog portal untuk sospol maka saya coba saja, tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Saya juga memiliki blog di Wordpress, yang saya tulis pada kisaran 2009-2010 (2 tahun yang lalu euy!). Mumpung saya ingat, waktu itu saya sedang dalam "riset" melakukan perbandingan antara Blogger dan Wordpress. Yang saya dapat simpulkan, yang pertama dalam hal tampilan saya lebih suka Worpress karena tampilannya yang terasa compact. Untuk menampilkan gambar pun terasa elegan. Namun di Wordpress, sulit untuk menambahkan Widget dari luar. Kalo Blogger, yang paling menarik adalah sudah terintegrasi dengan AdSense, namun belakangan saya baru tahu kalo AdSense tidak melayani pemasangan iklan di situs berbahasa indonesia. Tetapi untuk penambahan widget memang dirasa sangat mudah di Blogger, tinggal buka halaman Layout, kemudian pilih Javascript/HTML, tinggal Paste dan Beres! Selain tampilan dan widget, ada pula sistem yang berbeda dari keduanya, yaitu sistem kategori. Di Wordpress digunakan dua sistem, yaitu kategori dan tag, sedangkan di Blogger hanya dikenal label yang serupa dengan sistem tag-nya WP.

Saya masih memiliki satu blog lagi, yang mana blog ini saya pergunakan untuk tulisan2 yg "lebih serius". Kenapa? Karena blog ini sudah saya daftarkan di NetworkedBlog, sehingga setiap saya posting akan terdapat update di Wall FB saya. Ini membuat saya kurang bisa "bermain2" di sana. Jadi untuk Anda yang pemula, saya sarankan untuk membuat dua blog saja, terlebih di sistem Blogger. Satu blog untuk posting serius, satu blog untuk bereksperimen, mumpung bikin web di Blogger cukup dengan satu akun Gmail saja kan? Kalo ingin bereksperimen dengan situs dalam bahasa inggris, bolehlah buat satu lagi.

Demikian tulisan saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar