Sabtu, 19 Mei 2012

Tivinesia 18 Mei 2012

Mengingat begitu sedikitnya posting di blog ini, tetapi cukup banyak pembacanya, (sedangkan di Tivinesia begitu banyak posting, tetapi tidak ada pembacanya) maka akan saya bahas beberapa acara televisi yang saya tonton beberapa hari terakhir.

Bedah Buku
Acara yang saya bahas pertama ini namanya Bedah Buku. Ditayangkan di TVRI setiap hari Kamis, pkl. 17.30 WIB. Saya pikir ini adalah satu2-nya program televisi Indonesia yang khusus membahas tentang buku. Saya pertama kali menonton acara ini pada tahun 2010/2011 yang lalu. Namun saat itu merupakan edisi terakhir dari konsep yang lama, padahal konsep yang lama lebih saya sukai daripada konsep yang baru. Konsep yang lama dibawakan oleh pembawa acara yang humoris, dan juga selain membahas satu topik khusus (dengan beberapa penulis sebagai narasumber), juga dibahas beberapa buku new release. Untuk konsep yang baru, hanya membahas satu buku saja, dan sepertinya hanya mengambil topiknya saja, sehingga tampilannya jadi mirip dengan acara talkshow lainnya (yang dibahas topik bukunya, bukan apa2 seputar buku itu sendiri seperti apa menariknya buku tsb, dll.).

Adapun topik yang dibahas pada edisi 17 Mei 2012 yang lalu adalah tentang "Hypnoparenting". Ini merupakan teknik hypnosis yang digunakan oleh orangtua untuk mendidik anak2 mereka (dari namanya juga sudah kelihatan kan). Namun pada kenyataannya, teknik ini tidak serumit yang orang pikirkan pada umumnya. Garis besarnya adalah, teknik ini menggunakan kata2 yang lembut untuk memberi sugesti/perintah pada anak (dalam keadaan sadar) dan dilakukan berulang2, namun fokus pada satu sugesti untuk tiap rentang waktu tertentu.

Agrobisnis
Acara ini serupa dengan acara Salam Dari Desa-nya TVRI. Ini adalah acara yang ditayangkan oleh Bali TV, setiap hari Kamis pkl. 16.00 WITA. Sesuai dengan namanya, acara ini membahas seputar usaha di bidang pertanian/perkebunan, khususnya oleh warga Bali. Saya pikir acara ini cukup inspiratif bagi siapa pun yang ingin berwirausaha, khususnya di bidang agroindustri.

Topik yang dibahas pada 17 Mei 2012 yang lalu adalah tentang "Budidaya Aloe Vera". Tanaman ini lebih dikenal dengan nama lokal yaitu Lidah Buaya. Jenis tanaman yang ditanam pun bukan jenis lokal, melainkan jenis khusus yang didatangkan dari Afrika. Sayangnya tidak dijelaskan seberapa jauh kegunaan dari tanaman ini. Kalo saya tebak sih sebagai bahan tambahan kosmetik, atau lulur yang cukup terkenal di Bali. Selain itu saya juga pernah membaca kalo Lidah Buaya ini dapat dijadikan minuman dingin.

Radio Show
Acara yang ditayangkan di TV One semalam (Jumat, pkl. 23.00 WIB), menghadirkan grup musik La Luna. Ada yang baru dari grup ini, yaitu vokalisnya. Berhubung saya bukan fans berat dari grup ini, saya kurang tahu apakah berganti orang atau tidak, yang pasti semalam vokalis La Luna ini menggunakan jilbab saat bernyanyi di panggung.

Seperti biasanya, acara ini juga diisi dengan talkshow dan semalam topik yang dibahas adalah tentang Good News From Indonesia (GNFI). Saya cari2 di internet, mungkin sumber yang paling "masuk" adalah akun twitter GNFI. (mengingat kedua situs ini terasa "berat" ketika saya coba akses). Ini adalah sebuah portal yang memberikan informasi yang kurang diangkat oleh media massa pada umumnya. Sang narasumber memberikan contoh seperti posisi Indonesia sebagai negara ke-3 dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia, juga prestasi tim robot Indonesia di USA baru2 ini.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar