Kamis, 03 Mei 2012

Situs belajar online

Kali ini, mengingat saya sangat jarang mem-posting artikel2 yang berisi materi praktis, maka berikut ini saya tampilkan beberapa situs yang akan membantu siswa untuk belajar secara mandiri. Situs2 ini berbeda dengan Wikipedia, karena Wikipedia cenderung bersifat kaku karena harus melampirkan referensi secara akurat, sedangkan artikel yang dimuat pada siuts2 berikut ini lebih bersifat bebas. Namun, karena hal tersebut maka konten dari situs berikut perlu diverifikasi ulang, artinya sebaiknya dicocokkan kembali dengan buku teks di sekolah.

Open Knowledge Education
Situs ini beralamatkan di http://www.oke.or.id/. Pertama kali tahu situs ini, dari acara seminar web yang diadakan di kampus saya (Universitas Brawijaya, Malang). Belakangan saya baru tahu bahwa orang2 di belakang pengembangan situs ini adalah senior2 saya di kampus.
Situs ini menampung tulisan2 dari semua pihak sehingga menampung banyak pelajaran dengan rentang bidang yang cukup luas. Namun, dikarenakan penggunaan sistem tersebut, perkembangan artikel di situs ini sangat bergantung pada partisipasi atau sumbangan dari pihak ketiga tersebut.

Media Belajar Online
Situs ini beralamatkan di http://mediabelajaronline.blogspot.com/. Saya baru-baru ini menemukan situs yang ditulis menggunakan sistem blog Blogger ini. Melihat dari tanggal posting terakhir (Februari 2012), situs ini dapat dibilang masih aktif.
Pertama kali menemukan situs ini ketika saya mencari kata kunci "belajar nama latin" di Google. Dari sekitar 5 link awal di hasil pencarian, situs ini yang memberikan informasi cukup lengkap, meskipun bukan isi yang saya harapkan, yaitu tips untuk menghafal nama ilmiah. Di bagian akhir materi juga terdapat soal2 latihan terkait materi tersebut, ini dari artikel yang saya baca tersebut, belum sempat melakukan cek pada materi lainnya.

Ilmu Komputer
Situs ini beralamatkan di http://ilmukomputer.org/. Situs ini serupa dengan konsep situs OKE, tetapi materi yang disimpan di situs ini lebih dikhususkan untuk tutorial2 seputar TIK. Situs ini sudah saya kenal sejak tahun 2004, kala sedang duduk di bangku kuliah. Sepengetahuan saya, situs ini dikembangkan oleh seorang dosen informatika.

Demikianlah sedikit informasi yang saya ketahui. Bila pembaca punya situs lain yang lebih oke dibanding situs yang saya sebut di atas, boleh dibagi pula melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar