Selasa, 19 Juni 2012

Belajar Blog

Kali ini, saya akan membahas tentang blog, sebuah tindakan back to basic lagi. Di Indonesia, blog masih belum sepopuler Facebook, menurut saya. Blog adalah sebuah media dan Anda bisa menyalurkan suara Anda sebebas2-nya (namun bertanggungjawab tentunya). Bagaimana memulai blog? Saya sarankan dua sistem, yaitu Blogger dan Blogdetik. Saya tidak menyarankan Wordpress karena saya punya pengalaman dengan sistem yang lebih rumit, khususnya di bagian komentar di mana pengunjung harus Log in terlebih dahulu. Alasan kedua, karena Blogdetik juga dibangun menggunakan sistem Wordpress, jadi kurang-lebih sama saja. Saya kurang tahu apakah panduannya dalam bahasa indonesia, atau dalam bahasa inggris. Oh iya, ada pula Mywapblog yaitu blog yang ditujukan untuk pengguna smart phone, sayangnya saya tidak punya pengalaman tentang sistem ini.

Hal2 lain yang non-teknis salah satunya adalah topik bahasan. Anda bisa menulis apa saja mulai dari politik sampai hal2 pribadi. Namun saya lebih menyarankan Anda untuk menulis topik yang punya nilai manfaat buat orang lain. Oh iya, bila Anda memiliki bisnis kecil2-an maupun besar2-an, Anda dapat pula menjadikan blog sebagai media promosi.

Dan tidak bisa dipungkiri kalo saat ini jejaring sosial Facebook lebih populer. Sehingga sangat saya sarankan untuk linking (menautkan) blog Anda dengan akun FB Anda. Ada banyak cara untuk melakukan proses ini. Saya sendiri menggunakan app Networkedblog. Anda tinggal daftarkan blog Anda melalui app FB tersebut, kemudian pasang kode Javascript yang diberikan di blog Anda, sebagai penanda aktivasi. Dengan sedikit pengaturan, nanti setiap Anda melakukan posting di blog, maka akan ada update status di halaman Wall Anda (walaupun tidak instan).

Hal lain yang perlu diketahui adalah tentang blogwalk. Ini adalah proses mencari inspirasi tulisan di blog lain, plus melakukan promosi blog kita dengan membubuhkan komentar di blog2 yang kita jelajahi. Selain menggunakan search engine, kita juga dapat "berlangganan" blog orang lain dengan menggunakan teknologi RSS. Ada banyak cara, salah satunya adalah menggunakan fasilitas Bookmark Toolbar yang terdapat di browser Firefox. Cara lain yang saya sarankan adalah menggunakan Google Reader, namun Anda harus Log in menggunakan akun Gmail Anda.

Bookmark Toolbar - Mozilla Firefox
Artikel yang saya pikir juga dapat membantu salah satunya adalah mengetahui jenis2 tulisan di blog. Pak Romi telah membahas topik ini dengan cukup menyeluruh dengan istilah beberapa gaya posting.

Tentang Search Engine Optimization (SEO), saya bukan orang yang intens mempelajari topik ini. Walu demikian, saya pernah membaca panduan PDF yang dibuat oleh Google, dalam bahasa inggris. Intinya sih tetap berfokus pada kualitas tulisan dan sempatkan untuk menyisipkan kata2 kunci penting, sehingga tulisan Anda dianggap "ramah" oleh mesin bot dan dapat dimunculkan di hasil pencarian Google. Tips lainnya adalah gunakan fasilitas Ping setelah mengupdate blog Anda.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar