Kamis, 07 Juni 2012

Tentang Portofolio

Setidaknya sekitar 10 tahun terakhir, kata portofolio menjadi kata yang cukup populer. Kata yang diserap dari bahasa inggris, portfolio ini memiliki makna yang berbeda di bidangnya masing2. Pertama kali saya mendengar istilah ini saat saya masih duduk di bangku SMA. Di masa itu saya tidak begitu mengerti arti bahkan maksud dari kata portofolio (PF) ini. Saat itu sejauh yang saya pahami PF berkaitan dengan prestasi siswa, biasanya di luar nilai akademik reguler seperti nilai ulangan harian. Entah pemahaman saya ini benar atau salah. Di bangku kuliah, saya kembali menemui istilah ini. PF di bangku kuliah merupakan kumpulan/arsip data nilai asli akademik, baik KRS, KHS, maupun nilai Praktikum. Dokumen2 asli ini kemudian dikopi, dan disimpan pada map folio berplastik.

Namun pada tulisan ini, bukan PF di bidang pendidikan yang akan saya bahas. Di tulisan ini saya akan membahas PF dalam dunia internet. PF di dunia internet sangat erat kaitannya dengan dunia desain. PF di dunia internet, menurut pemahaman saya adalah daftar hasil karya digital yang pernah kita buat. Sudah ada beberapa situs (khususnya situs asing) yang secara khusus menangani kebutuhan akan PF ini. Namun, Anda dapat membuat PF ini dengan membuat situs pribadi maupun blog, bahkan yang gratisan sekalipun.

Lalu apa pesan yang ingin saya sampaikan? Bagi temen2 pelajar yang punya "cukup banyak" waktu luang, saya sangat menyarankan untuk mulai berkarya dan berprestasi, khususnya di era TIK ini. Bagi yang suka menulis, tuangkan lewat tulisan. Bagi yang suka desain, tuangkan lewat gambar. Bagi yang tidak suka, tidak ada salahnya mencoba kan? Dunia desain pun memiliki rentang alternatif pilihan yang cukup luas. Sebut saja gambar vektor, manipulasi fotografi, desain situs web, animasi, sampai dunia games. Jujur, saya sendiri belum melakukan usaha ini, jadi silakan Anda jadikan saya sebagai contoh yang salah.

Jika ingin karya yang sejalan dengan pelajaran di sekolah, bisa memilih mengikuti Lomba Karya Ilmiah. Ini mengingatkan saya kepada temen2 saya para "pemburu hadiah" LKTI di masa kuliah saya dulu. Saat itu, karena terdorong oleh motivasi yang kuat untuk membantu meringankan biaya pendidikan mereka, teman2 saya itu berlomba2 mencari "lowongan" LKTI bak sedang mencari lowongan pekerjaan. Cara ini bisa dan sangat saya anjurkan untuk teman2 ikuti. Sudah banyak teman2 kita yang berprestasi, bahkan di tingkat internasional melalui jalur Karya Ilmiah ini. Bidang yang dikaji pun sangat bervariasi, mulai dari Matematika, Robotika, Kimia, sampai TIK. Lagi2 peran TIK khususnya internet sangat besar di sini, karena akan menyajikan berjuta peluang yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Inilah salah satu pintu untuk melatih teman2 dalam hal mengambil peluang yang terbuka luas di luar sana. Semakin kalian berprestasi, semakin banyak pihak yang mengapresiasi dan melirik nilai tambah teman2 dibanding pelajar lainnya, yang ke depannya dapat menjadi batu lompatan menuju cita2 yang kalian impikan.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar