Rabu, 06 Juni 2012

Marketing 4 Students

Mungkin tulisan ini tidak sehebat ekspektasi Anda. Yang akan saya bahas pada tulisan saya kali ini adalah tentang strategi Quick Win versus Big Fish. Istilah ini pertama kali saya dengar ketika digunakan oleh Polri sebagai nama salah satu program unggulan mereka.

Di sini, saya ingin mengadaptasi strategi ini untuk digunakan dalam dunia pendidikan. Quick Win, dapat diartikan sebagai tujuan jangka pendek. Dalam dunia pendidikan kan ada istilah Ulangan Harian. Inilah yang saya maksud dengan QW. Para siswa diharapkan memiliki target nilai pada setiap Ulangan Harian yang akan dihadapinya. Pada zaman saya dulu, secara otomatis kita akan mengimbangi nilai2 UH kita yang jelek dengan nilai UH selanjutnya, karena guru sudah memberitahu persentase Nilai Akhir di awal tahun ajaran. Misalnya 2xUH + Ujian terus dirata2. (tapi sepertinya ini berlaku di bangku kuliah ya...?)

Adapun kalo Big Fish sama artinya dengan target jangka panjang. Salah satu contohnya adalah target untuk lulus UN. Dengan mencatat kedua target ini, saya berharap temen2 pelajar bisa lebih fokus dalam belajar karena sudah memegang target yang jelas, sebagai motivator dalam belajar.

Semoga bermanfaat. Strategi ini juga bisa diadaptasi untuk bidang lain, sesuai kreatifitas Anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar