Jumat, 01 Juni 2012

Neo Democrazy 31 Mei 2012

Semalam nonton ND lagi. Tulisan ini sebagai sebuah catatan tentang ilmu motivasional yang dipaparkan dalam acara tersebut. Topik yang dibahas pertama saya sudah lupa, seingat saya tentang plat nomor TNI palsu. Topik yang kedua tentang kasus Corby. Mendatangkan mantan hakim yang mengaku "Hobi" memberikan hukuman mati. Topik yang ketiga tentang masalah prestasi buku tangkis nasional yang makin merosot.

Adapun di bagian motivasi, sayangnya saya lupa nama pematerinya. Tubuhnya gemuk tetapi masih muda. Tips motivasi yang diberikan ini memiliki rumus 1-2-3. Rumus kesuksesan ini juga dijadikan alasan mengapa tim bulu tangkis kita kurang sukses.

1: Tujuan
Dapat pula diucapkan satu tujuan. Goal, seperti pada masalah manajemen pada umumnya, ini adalah sebagai pemersatu tim. Pada suatu tim harus tercipta kesamaan tujuan. Perbedaan tujuan dalam tim akan menggagalkan tim dari internal tim itu sendiri. Pemateri juga mengungkapkan bahwa harus dihindari sikap menang sendiri, yang ia sebut Superman. Sikap ini harus diganti dengan Super Team.

2: Nilai
Dapat pula diucapkan dua nilai. Pemateri mengambil rumus ini dari nilai bangsa kita sendiri, yaitu bendera Merah Putih. Merah diartikan passion: keberanian dan semangat. Ini berkaitan dengan fisiologis (gerak tubuh). Orang sukses atau calon orang sukses, harus memperhatikan cara berjalan maupun cara berkomunikasi dengan orang lain. Putih diartikan keikhlasan. Pemateri menggambarkan perasaan ikhlas seperti perasaan orang sesudah BAB. Perasaan lega dan lepas dari beban, bukan terus kepikiran tentang apa yang telah dikeluarkan.

3: Langkah
Dapat pula diucapkan tiga langkah. Tiga langkah ini dirangkum menjadi rumus SIP. S: sesuaikan sudut pandang. Ini seperti hal terpenting dalam fotografi: angle. I: imajinasi/impian. Beranikan diri untuk bermimpi besar - big dreams. Pemateri mencontohkan Katie Holmes yang sesudah bangun pagi selalu memandang foto Tom Cruise dan bernazar untuk menjadi suaminya suatu hari nanti, dengan mengucapkannya 3 kali. Oleh pemateri lain ini disebut visual board. P: pasrah kepada Tuhan. Setelah melakukan usaha secara optimal, hasil dari segala usaha kita harus dikembalikan kepada Sang Khalik.

Terakhir, ternyata di situs resmi Neo Democrazy terdapat arsip video acar ini. Saya belum mencobanya sendiri, jadi tidak tahu seperti apa. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar